Solusi OPPO: Mengatasi “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat” Saat Install App

Solusi Memori Penuh Saat Install App Android

Apakah kamu mendapat pesan kesalahan “Tidak cukup ruang pada perangkat” saat hendak menginstall atau mengupdate App (aplikasi) Android? Jika demikian, maka tidak perlu khawatir sebab masalah tersebut masih bisa diatasi dengan mudah bila kamu menggunakan smartphone OPPO.

Penyebab

Untuk diketahui, smartphone Android termasuk OPPO umumnya telah menyediakan dua sistem penyimpanan, yaitu memori internal dan eksternal (Kartu SD). Secara default aplikasi Android yang terinstall akan ditempatkan di memori internal yang biasanya hanya memiliki kapasitas cukup sempit.

Nah apabila kamu terlalu banyak menginstall aplikasi, tentunya memori internal tidak akan kuat menampung semuanya. Bila tetap dipaksakan, maka pesan kesalahan seperti diataslah yang timbul.

Mengatasi “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat” Saat Install App

Solusi dari masalah ini ialah cukup lakukan pengaturan agar aplikasi yang terinstall ditempakan pada memori eksternal KartuSD. Untuk smartphone OPPO yang sudah menggunakan ROM “ColorOS”, langkah ini tidaklah terlalu sulit. Detailnya silahkan lihat caranya dibawah ini.

Langkah ini dicontohkan dengan menggunakan OPPO Joy. Ini juga juga dapat diterapkan pada semua smartphone OPPO, khususnya yang menggunakan platform Android ColorOS.

Setting Agar App Terinstall Otomatis di Kartu SD

  1. Siapkan memori eksternal Kartu SD berkapasitas yang cukup. Jika sudah punya, silahkan langsung ketahap nomor dua.
  2. Di smartphone OPPO, silahkan akses menu “Setelan > Penyimpanan > Lokasi pemasangan yang disukai” lalu atur ke “Kartu SD
    https://i0.wp.com/www.ikeni.net/wp-content/uploads/2015/03/Lokasi-Install-Aplikasi-MicroSD-OPPO.jpg

Sampai tahap ini aplikasi baru yang diinstall akan langsung otomatis ditempatkan ke memori eksternal Kartu SD. Namun demikian tahap ini belumlah selesai, sebab aplikasi yang sudah terlanjur terinstall (sebelum setting dilakukan) masih tersimpan dengan nyaman di memori internal. Untuk memindahkan aplikasi ke Kartu SD, silahkan lanjutkan ketahap dibawah ini.

Memindahkan App ke Memori Eksternal Kartu SD

  1. Akses menu “Setelan > Kelola Aplikasi“, arahkan ke tab “Diistall“. Cari aplikasi yang ingin dipindahkan (contoh Camera360), lalu pilih “Pindah ke SD“.
    https://i0.wp.com/www.ikeni.net/wp-content/uploads/2015/03/Memindahkan-App-Android-OPPO-ke-Kartu-SD.jpg
  2. Lakukan hal sama pada aplikasi lainnya untuk memindahkan ke memori eksternal Kartu SD.

    Beberapa App seperti BBM, layanan Google, dan lainnya memang tidak dapat dipindahkan, untuk itu pastikan saja kamu memidahkan yang membang bisa.

Bila langkah diatas sudah dilakukan, namun tetap masih belum bisa menginstall aplikasi di smartphone OPPO karena masalah memori yang tidak cukup, maka solusi lain coba pindahkan file-file yang ada di memori internal seperti video atau foto ke memori eksternal Kartu SD. Selain itu disarankan juga hapus beberapa aplikasi yang menurut kamu kurang penting.

Pos ini dipublikasikan di Solusi Mengatasi "Ruang Tidak Cukup" OPPO. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar